Responsive Ads Here

Monday, November 23, 2015

5 Teknologi Fundamental Dalam Mengembangkan Sebuah StartUp


Sebuah rintisan bisnis yang berbasis digital atau biasa disebut StartUp dewasa ini sudah tumbuh dengan sangat pesat. Banyak anak muda kreatif yang tertarik untuk terjun kedalam dunia ini. Sebuah pengembangan usaha yang di kombinasikan dengan kemajuan teknologi. Ide startup terkadang muncul dari kegiatan-kegiatan usaha yang sederhana. Lalu dikemas dengan professional dan sangat praktis sehingga konsumen sangat nyaman untuk menggunakannya.
Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai 5 teknologi fundamental yang harus dimiliki dan mampu di implementasikan oleh sebuah #Startup. Tanpa teknologi ini sebuah startup rentan untuk diterima oleh masyarakat atau penggunanya.
Berikut ulasannya
1. Go mobile
Teknologi pertama yang penting untuk membangun startup adalah teknologi go mobile. Hampir semua hal memang telah terkoneksi secara online. Dari belanja hinga pesan ojek kini sudah bisa dilakukan secara online. Tentu saja akan sangat aneh dan terlalu nekat jika usaha startup Anda dilakukan dengan cara yang berbeda. Teknologi online dengan perangkat mobile (go mobile) saat ini memang sudah tak bisa lagi dielakkan lagi. Ingat ini adalah teknologi mobile online, bukan hanya sekedar online belaka.
Jadi bila startup Anda masih hanya bisa diakses dari PC atau #komputer, maka Anda harus segera bergerak mengubahnya menjadi go mobile yang bisa dinikmati oleh pengguna mobile atau seluler yang semakin bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun.
2. Kemudahan Pembayaran 
Setelah bisnis anda Go Mobile dan konsumen begitu mudahnya melihat, memilih dan melakukan order. Maka langkah selanjutnya, Startup yang kita kembangkan harus memiliki perangkat yang mempermudah pembayaran. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh sebuah startup untuk membuat sebuah system yang mempermudah pembayaran oleh konsumennya. Bisa melalui transfer langsung, Virtual Credit Card seperti Paypal, Payoneer, atau mata uang digital seperti Bitcoin. Atau bahkan bisa juga anda menerapkan system berupa security deposit.
Semua ini tentulah untuk memberikan kenyamanan dalam bertransaksi untuk kedua belah pihak. Maka dari itu Anda yang akan membuka startup alangkah baiknya juga memperhatikan dan mementingkan penggunaan teknologi pembayaran yang modern seperti ini agar para konsumen Anda terpuaskan dan akhirnya menjadi pelanggan setia Anda.
3. Keamanan Cyber
Mengingat yang anda lakukan adalah sebuah transaksi komersial melalui jaringan internet, kemungkinan akan muncul beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan peluang untuk melakukan penipuan dan pembobolan akun anda maupun konsumen anda. Untuk itu, sebuah bisnis berbasis digital (startup) harus memiliki teknologi keamanan cyber yang mumpuni.
Teknologi ini dimaksudkan tentunya dengan tujuan untuk mengamankan para pengguna dan konsumen Anda. Apalagi saat ini teknologi hack yang tergolong semakin canggih tentunya harus membuat Anda sebagai pemilik bisnis startup perlu memiliki teknologi keamanan yang lebih canggih.
4. Teknologi Media Sosial
Media sosial saat ini memang telah menjadi fenomena baru bagi manusia modern. Bagaimana tidak, setiap manusia sekarang telah terbiasa menggunakan komunikasi dan interaksi dunia maya ini. Pengguna#mediasosial yang terus meningkat setiap harinya menjadi bukti nyata bahwa media sosial adalah hal yang penting untuk dicermati.
Dari sini Anda sebagai pelaku bisnis startup sudah selayaknya lah memiliki teknologi media sosial yang handal. Dalam hal ini Anda tak perlu berinvestasi pada semua jenis media sosial secara bersamaan. Namun, dengan beberapa media sosial saja yang bisa Anda kelola dengan teknologi yang baik, maka pelung sukses bisnis Anda pun akan semakin besar.
5. Penyimpanan Data
Terakhir, teknologi yang patut dimiliki oleh pebisnis startup adalah teknologi penyimpanan data. Kebutuhan akan penyimpanan data saat ini memang terus bertumbuh. Maka startup yang akan memiliki segudang informasi dari produk dan layanan tentu saja akan membutuhkan sebuah tempat digital yang bisa menyimpan data informasi tersebut.
Bagaimana degan harganya? Bukankah teknologi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit? Dengan sedikit trik dan strategi, Anda bisa memilih sebuah infrastruktur pusat penyimpanan data terpusat yang murah. Setidaknya ada tiga hal penting dalam teknologi penyimpanan data yang harus Anda dapatkan yaitu luas tempat penyimpanan, kebutuhan pendinginan dan daya, juga keamanan. Dengan ketiga hal ini saja Anda akan memiliki teknologi startup yang mumpuni untuk menjalankan bisnis.

Demikianlah ulasan mengenai teknologi yang harus dimiliki dan diperhatikan dalam mengembangkan sebuah bisnis startup. Silahkan like dan share jika anda merasa artikel ini cukup bermanfaat buat yang lain. Salam kreatif!

No comments:

Post a Comment