StartUp Lokal- Ulasan Start Up Lokal kali ini, akan membahas tentang start up e-comerce yang menampung ribuan produk kerajinan tangan khas Indonesia ke dalam dunia internet. Kalau anda menyukai seni dan artistik yang orisinal dan lebih menyatu dengan alam, mungkin anda akan menyukai Ecommerce ini.
Qlapa.com,
didirikan pada 1 November 2015 oleh CEO
Qlapa Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius sebagai co-foundernya. Qlapa
sendiri didirikan dengan tujuan untuk membantu memajukan dan memberdayakan
kreativitas para perajin handmade tanah air dengan memperkenalkannya melalui
Internet.
Di situs marketplace ini pengunjung bisa melihat dan memiliki
pilihan untuk membeli ribuan produk kerajinan tangan yang unik dari
pembuatnya langsung yang berasal dari seluruh Indonesia. Dari sisi penjualnya
sendiri, jika mereka menjual kerajinan tangannya dengan sistem pre-order (pesan
terlebih dahulu), maka hal ini juga bisa dilakukan di Qlapa. Manajemen Qlapa
memang mencoba menghadirkan tempatnya agar terasa nyaman bagi pembeli dan
penjualnya.
Fitur Layanan Qlapa
Keunikan utama dalam bergabung dengan Qlapa adalah rekening
bersama. Di Qlapa, setiap transaksi yang terjadi akan menggunakan sistem yang
diotomisasi dan menggunakan rekening bersama (rekber). Dengan adanya rekber
maka pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin
keamanannya.
Selain fitur sistem rekber, di Qlapa ada juga fitur penghitungan
ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi yang akan membuat penjual
dapat berjualan dengan lebih efisien dan fokus untuk membuat produk yang
berkualitas. Fitur-fitur lain yang ada di Qlapa yang memanjakan pembeli dan
penjual yaitu fitur penjualan produk kostumisasi dan juga fitur penawaran variasi
produk dengan beragam tipe dan warna.
Bergabung Dengan Qlapa?
Saat ini memang telah
banyak bermunculan tempat pemasaran offline dan online yang bisa dipilih
perajin handmade. Namun ternyata beberapa #media promosi dan pemasaran yang ada sekarang
dinilai kurang begitu efektif dan proporsional unuk penjualan handmade. Seperti
misalnya pemasaran offline yang sering diminati pengrajin yaitu pameran atau
bazar.
Pameran atau bazar ini memang cukup efektif tapi sayangnya untuk
ikut event ini perajin harus mengeluarkan modal besar yang belum tentu bisa
dipenuhinya. Pameran dan bazar ini juga dinilai terlalu lama karena umumnya
diselengarakan tiap satu tahun sekali.
Menciptakan Pasar Baru
Kesulitan utama para pengrajin adalah bersaing dengan produk
yang di produksi secara massal. Sehingga mereka kekurangan ruang dalam
mendisplay produk-produk mereka yang terbatas. Kehadiran utama Qlapa adalah
menciptakan tempat yang khusus bagi pecinta kerajinan dan memberikan ruang yang
lebih banyak untuk pengrajin sendiri dalam meningkatkan kualitas produknya.
Inilah yang menciptakan keseimbangan antara Market demand dan produknya dalam
satu wadah secara online
Bukankah salah satu keajaiban dunia online adalah seperti
ini. Bagaimana kita bisa menyulap sebuah transaksi fisik ke dalam dunia maya.
Apakah anda terinspirasi untuk membuat hal sejenis?
Salam Kreatif !
No comments:
Post a Comment