Responsive Ads Here

Saturday, November 28, 2015

Qlapa.Com - MarketPlace Handmade di Indonesia


StartUp Lokal- Ulasan Start Up Lokal kali ini, akan membahas tentang start up e-comerce yang menampung ribuan produk kerajinan tangan khas Indonesia ke dalam dunia internet. Kalau anda menyukai seni dan artistik yang orisinal dan lebih menyatu dengan alam, mungkin anda akan menyukai Ecommerce ini.

Qlapa.com,  didirikan pada 1 November 2015 oleh CEO Qlapa Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius sebagai co-foundernya. Qlapa sendiri didirikan dengan tujuan untuk membantu memajukan dan memberdayakan kreativitas para perajin handmade tanah air dengan memperkenalkannya melalui Internet.
Di situs marketplace ini pengunjung bisa melihat dan memiliki pilihan untuk membeli ribuan produk kerajinan tangan yang unik dari pembuatnya langsung yang berasal dari seluruh Indonesia. Dari sisi penjualnya sendiri, jika mereka menjual kerajinan tangannya dengan sistem pre-order (pesan terlebih dahulu), maka hal ini juga bisa dilakukan di Qlapa. Manajemen Qlapa memang mencoba menghadirkan tempatnya agar terasa nyaman bagi pembeli dan penjualnya.
Fitur Layanan Qlapa

Keunikan utama dalam bergabung dengan Qlapa adalah rekening bersama. Di Qlapa, setiap transaksi yang terjadi akan menggunakan sistem yang diotomisasi dan menggunakan rekening bersama (rekber). Dengan adanya rekber maka pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya.
Selain fitur sistem rekber, di Qlapa ada juga fitur penghitungan ongkos kirim serta manajemen pemesanan yang rapi yang akan membuat penjual dapat berjualan dengan lebih efisien dan fokus untuk membuat produk yang berkualitas. Fitur-fitur lain yang ada di Qlapa yang memanjakan pembeli dan penjual yaitu fitur penjualan produk kostumisasi dan juga fitur penawaran variasi produk dengan beragam tipe dan warna.
Bergabung Dengan Qlapa?

Saat ini memang telah banyak bermunculan tempat pemasaran offline dan online yang bisa dipilih perajin handmade. Namun ternyata beberapa #media promosi dan pemasaran yang ada sekarang dinilai kurang begitu efektif dan proporsional unuk penjualan handmade. Seperti misalnya pemasaran offline yang sering diminati pengrajin yaitu pameran atau bazar.
Pameran atau bazar ini memang cukup efektif tapi sayangnya untuk ikut event ini perajin harus mengeluarkan modal besar yang belum tentu bisa dipenuhinya. Pameran dan bazar ini juga dinilai terlalu lama karena umumnya diselengarakan tiap satu tahun sekali.
Menciptakan Pasar Baru
Kesulitan utama para pengrajin adalah bersaing dengan produk yang di produksi secara massal. Sehingga mereka kekurangan ruang dalam mendisplay produk-produk mereka yang terbatas. Kehadiran utama Qlapa adalah menciptakan tempat yang khusus bagi pecinta kerajinan dan memberikan ruang yang lebih banyak untuk pengrajin sendiri dalam meningkatkan kualitas produknya. Inilah yang menciptakan keseimbangan antara Market demand dan produknya dalam satu wadah secara online
Bukankah salah satu keajaiban dunia online adalah seperti ini. Bagaimana kita bisa menyulap sebuah transaksi fisik ke dalam dunia maya.
Apakah anda terinspirasi untuk membuat hal sejenis?

Salam Kreatif !

No comments:

Post a Comment